Entah sadar atau tidak orang tua merupakan orang yang paling anda sayangi di dunia ini. Maka bagi anda yang belum menyadarinya, mari kita baca dan simak sebuah bait nasyid dibawah ini ;

Bila ku ingat masa kecilku

Ku slalu menyusahkanmu

Bila ku ingat masa kanakku

Ku slalu mengecewakanmu…….2x

Banyak sekali pengorbananmu

Yang kau berikan padaku

Tana letih dan tanpa pamrih

Kau berikan semua itu

Engkaulah yang ku kasihi

Engkaulah yang ku rindu

Kuharap slalu do’amu

Dari dirimu ya ibu

Tanpa do’amu takkan kuraih

Tanpa do’amu takkan ku capai

Segala cita yang ku ingginkan

Dari dirimu ya  ibu

Seorang teman pernah bercerita kepada penulis, bahwa temannya meneteskan air mata ketika mendengar lantunan nasyid diatas. Ternyata ketika ia ditanya dengan sepontan ia mengatakan bahwa ia sering menyusahkan orang tuanya terutama ibu ketika mereka masih hidup. Inililah sekelumit cerita, betapa tidak banyak anak-anak yang merupakan buah hati orang tua tapi mereka justru mengecewakan harapan mereka.

Ketahuilah wahai sahabatku, islam menjunjung tinggi kedudukan orang tua dan3bahkan itu merupakan anmalan yang paling diutamakan. Rosululloh bersabda ;

Dari Abdullah ia berkata;“aku bertanya kepada nabi, amaln apakah yang paling dicintai allah? Beliau bersabda ;“sholat pada waktunya”. kemudian apa? Beliau bersabda ;“berbuat baik kepda orang tua”. Kemudian apa? Belia bersabda ;“jihad di jalan allah”. Maka  beliau mengabarkan sesungguhnya berbuat baik kepad aorang tua adalah amalan yang paling utama setelah sholat yang merupakan ……..islam. (sohih bukhori)

Wahai saudaraku, allah memrintahkan kepada kita agar kita berbuat baik kepada kedua orang tua, sebagaimana firman-Nya ;

dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia (al-isro’ ;23)

Mengucapkan kata Ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.

Lalu bagaimanakah cara mengimplementasikan wujud berbakti kepada mereka? Tentunya sobat harus merujuk kepada ajaran qur’an dan sunah agar apa yang anda lakukan bernilai disisi Allah SWT.

Pertama ; mentaati perintah mereka dalam hal yang ma’ruf

Sebagaimana firman allah swt ;

14. dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

15. dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. ( luqman ;14-15 )

[1180] Maksudnya: Selambat-lambat waktu menyapih ialah setelah anak berumur dua tahun.

Kedua ; mendo’akan mereka baik ketika masih hidup maupun setelah mereka wafat

Sebagaimana do’a nabi ibrohim ;

Ya Tuhan Kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)”.( Ibrahim ;41 )

Sebagai ulasan terakhir kami katakan kepada anda; “berbaktilah kepada mereka selagi masih ada waktu dan jangan sampai anda menyesal karena merugilah orang yang mendapati orang tuanya hiduptapi tidak memasukkan anda ke surga”