Tidur adalah salah satu cara bagi manusia untuk beristirahat. Namun tentunya anda tidak ingin kan kalau tidur hanya sekedar sebagai penghilang rasa lelah tanpa makna yang berarti bukan ?.Begitu perfectnya ajaran islam ini bahkan hingga masalah tidur pun kita diberi caranya bagaimana tidur itu berkualitas, artinya tidur pun adalah ibadah. Mau tahu caranya?

Baiklah sekarang kita kita akan belajar dari rosulullah bagaimana beliau tidur, karena beliaulah suri tauladan bagi kita.

  1. Berwudhulah sebelum tidur sehingga anda tidur dalam keadaan suci
  2. Jangan lupa bersiwak (gosok gigi) karena kuman akan bekerja dimulut ketika anda istirahat
  3. Pilih tempat tidur yang membuat kamu cepat bangun sehingga kamu bisa bangun malam untuk sholat tahajud
  4. Membaca do’a-do’a sebelum tidur antara lain ;
    1. Mengumpulakan dua telapak tangan lalu ditiup dan dibacakan surat an-nas, al-ikhlas, dan al-falaq, sudah hafal kan!. Kemudaian dengan dua telapak tangan tadi  mengusap tubuh yang dapat dijangkau dengannya. Mulai dari kepala,  wajah dan tubuh bagian depan tiga kali. (HR.Bukhari)
    2. Membaca ayat kursi dan dzikir-dzikir lain yang masyru’
    3. Dan jangan lupa baca do’a sebelum tidur ok…………!
  5. Posisi tidur berbaring kekanan, karena jantung berada disebelah kiri sehingga peredaran darah tidak terganggu

Bagitulah cara tidur yang berkualitas yang diajarkan baliau rosulullah saw. Sekarang ada beberapa pertanyaan nih dari teman-teman ;

Pertanyaan ; Bagaimana tips agar cepat tidur? Karena aku kalau mau tidur kok susah harus nunggu waktu sekitar satu jam baru bisa tidur.

Jawaban ; ”wah jangan jangan kena penyakit insomnia. Tapi jangan kwatir ada tips biar kamu cepat tidur dan ini sangat bermanfaat bagi kamu. Pertama,  hilangkan/lepaskan diri anda dari masalah-masalah yang menyelimuti anda. Kedua, bacalah buku karena ini adalah cara yang paling mujarab agar cepat tidur dan ini juga sangat bermanfaat bagi kamu. Karena ketika anda membaca buku sebelum tidur maka ketika anda bangun bacaan anda tadi malam akan lebih membekas diotak anda.

Pertanyaan ; apa yang harus aku lakukan karena aku sering merasa takut dan kesepian ketika tidur?

Jawaban ; kamu bisa do’a yang diajarkan rosulullah ketika kamu merasa takut dan kesepian, yaitu ; a’uudzu bikalimaatillaahittaammati min ghodlbihi wa ‘iqoobihi wa syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisysyayaatiin wa an yahdzurun (HR.Abu Dawud)

Pertanyaan ; sobat, gimana nih aku kalau tidur sering bermimpi jelek sehingga membuatku bangun dan kaget alias was-wasan !

Jawaban ; @ mintalah perlindungan kepada allah dari godaan setan dan kejelekan mimpi, tiga kali (baca ta’awudz). [HR.Muslim]

@ jangan bicarakan mimpimu kepada orang lain [HR.Muslim]

@ mengubah posisi tidur (membalikkan tubuh). [HR.Muslim]

@berdiri dan Melakukan sholat, bila mau. [HR.Muslim]

Selamat mencoba dan amalkanlah dalam keseharian anda karena amalan yang di cintai allah itu adalah amalan yang konsisten meski hanya sedikit. Oooooooooookkkkkkkkkk!!!!!

Try………..try……………try………………..and never say i can’t