Tips lulus ujian nasional, jurus jitu lulus UN tanpa nyontek, lulus dengan nilai terbaik.

Bagi para pembaca yang sebentar lagi mau UN ini adalah tulisan yang amat penting, so you must read this note. Kakak ingin memberikan tips kepada sobat muda gimana sukses UN dengan nilai yang bombastis, caranya bukan nyontek lhoo….! Yang pasti kreatif and inovatif gitu….! Baikalah simak tulisan berikut ini dan baca secara lengkap ok……!

Tips belajar menghadapi UN :

1.  Gunakan Rumus Jitu

Tips yang pertama ini adalah yang paling ampuh dan dijamin 100% ok. Caranya kalian tanyakan kepada guru pengampu mata pelajaran tentang rumus-rumus jitu menjawab soal UN. Dan jangan lupa minta atau copy SKL ( standar kompetensi lulusan ) yang setiap guru mapel UN tentunya punya karena biasanya mereka diberi dari diknas. Soal-soal UN biasanya agak mirip dengan SKL, kalaupun beda paling beda angka atau beda kalimat.

Rumus jitu itu kalian pelajari dan telaah, kalau tidak mampu menelaah ya dihafal juga boleh. Jika kamu menguasai rumus jitu dengan sempurna, kamu bisa mengerjakan soal UN dalam waktu 40-60 menit saja atau bahkan 30 menit cukup.

2.  Seringlah latihan mengerjakan soal-soal

Dalam memilah soal latihan UN, usahakan cari soal yang sesuai dengan SKL sehingga belajarmu lebih efektif dan efisien. And jangan lupa cari soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya biasanya ada yang dimuat lagi. Ok….!

3.  Bergaulah dengan anak-anak yang pintar and cerdas (akademik bagus)

anak-cerdasTeman amatlah berpengaruh bagi kamu entah kamu sadar atau tidak. Dalam sebuah hadits disebutkan perumpamaan jika kamu berteman dengan penjual minyak wangi tentu kamu akan membelinya atau mendapatkan bau wanginya. Sedangkan jika kamu berteman dengan pandai besi kamu akan kepanasan atau bahkan pakaian kamu kebakar dan mendapatkan bau yang tidak sedap.

Oleh karena itulah bertemanlah dengan orang-orang pandai supaya kamu ketularan pandainya atau setidaknya kamu bisa belajar dengannya. Tapi juga ingat jangan minta contekan sama dia karena hal itu tidak sportif dan kata seorang ulama mencontek hukumnya haram lho….!

4.  Hindari inferiority complex alias “nggak pede”

Perasaan nggak pede karena kemampuan rendah atau pas-pasan harus dihilangkan dari benak kalian. Hal ini akan menghambat cara berpikirmu dan ketika ujian jusru pelajaran yang kalian pelajari hilang semua. Makanya ketika masuk kelas untuk UN pede saja, anggap saja pengawas UN adalah teman dekatmu yang setia menemanimu dalam keadaan susah.

5.  Ujian adalah untuk belajar bukan belajar untuk ujian

Renungilah kata-kata diatas sehingga kalian belajar/sekolah benar-benar untuk menuntut ilmu bukan untuk mengejar selembar kertas yang berisikan nilai-nilai karena hal itu adalah sebuah harapan yang amat hina.

6.  Pilih waktu dan tempat belajar yang efektif

Pengaturan / manajemen waktu sangat berpengaruh pada kenyamanan dan daya serap kamu dalam belajar. Kakak akan kasih tahu kamu beberapa waktu yang efektif buat belajar, ini merupakan pengalaman kakak ketika duduk dibangku SMP dan SMK. Waktu yang efektif buat belajar diantaranya:

  • Sepertiga malam terakhir, sekitar jam 02 – 04.30 pagi hari. Tunaikanlah sholat tahajud (sholat malam) terlebih dahulu lalu belajarlah setelah itu. pada jam segitu merupakan waktu yang sangat efektif, karena pikiran masih fresh dan suasananya juga sunyi senyap. kalau ngantuk bisa dech sambil minum kopi atau gerakin badan dulu dech.
  • Setelah subuh hingga berangkat sekolah juga waktu yang efektif meskipun kamu juga harus persiapan untuk sekolah tapi tetep manfaatkan sela waktumu buat baca buku biar nggak mubadzir.
  • Sebelum tidur, ini juga cocok buat kamu yang susah tidur ketika malam. dijamin cepet tidur dech kalau sudah baca buku. kalau dulu terkadang kakak jadikan buku-buku sebagai bantal karena banyaknya tumpukan buku di dipan.
  • Untuk waktu waktu lain silahkan perhitungkan sendiri yang menurut kamu nyaman buat belajar.

Oh… ya jangan lupa pilih tempat yang sejuk dan tidak ramai atau bising sehinga konsentrasi penuh.

7.  Jangan lupa berdo’a

Do’a adalah kunci segalanya. Usaha tanpa do’a adalah hampa dan do’a tanpa usaha adalah sia-sia. Allah memerintahkan kepada kita agar berikhtiar (usaha) dulu baru bertawakal (berserah diri) kepada-Nya.

……………….ingat ujian adalah untuk belajar bukan belajar untuk ujian……………

Sukses selalu untuk anda………..!!!!