tulis_rencanamu“Mimpi itu harus ditulis, jangan cuma diawang-awang saja karena kamu cepat lupa. Tempellah rencana itu di dinding, biarlah jika ada yang menertawakanmu. Dan lihatlah ke depan ternyata satu persatu rencana kamu itu penuh dengan coretan karena telah kau capai…”

Begitulah kata para motivator dan bener banget kalau kita kaitkan motivasi ini dengan ilmu menejemen. Kita tahu bahwa dalam membuat suatu perencanaan misal saja dalam bisnis, maka harus ditulis dengan lengkap, mulai dari jangka pendek, menengah hingga perencanaan jangka panjang. Tak luput juga kapan rencana itu akan direalisasikan dan apa saja upaya untuk meraih tujuan dari rencana itu.
By the way, bikin semangat sekali kalau kita ngebahas rencana bisnis, namun yang lebih asyik lagi ngomongin rencana hidup. Memang sih sedikit orang yang mau menuliskan rencana hidupnya. Kalau kamu sendiri gimana? Emang apa pentingnya nulis rencana hidup? Toh banyak orang sukses tanpa menuliskan perencanaan dan kadang tak diduga, so amazing real be success without planning. Namun akan lebih indah bukan jika kau punya perencanaan dan suatu ketika engkau coret satu persatu planningmu itu karena telah tercapai. Yach minimal bisa buat cerita dan tauladan ke anak cucu kelak jika Allah memberi umur panjang tentunya.
Dan tentunya setelah kita buat planning tersebut don’t forget buat usaha, do’a dan tawakal kepada sang kuasa alam semesta ini, Dialah Allah ta’ala. Karena hanya dialah yang tahu apa yang akan terjadi esok hari.
إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana Dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Luqman: 340)
Dari ayat ini kita juga mendapatkan kunci ilmu ghaib yang hanya Allah-lah yang mengetahuinya. Para nabi dan malaikatnya pun tak ada yang tahu kecuali setelah diberi pengetahuan tentangnya oleh Allah. Nabi shallAllahu ‘alaihi wassalam bersabda,
”Kunci-kunci ilmu gaib ada lima, hanya Allah yang mengetahuinya: tidak ada yang tahu apa yang terjadi esok hari kecuali Allah, tidak ada yang tahu apa yang dikandung oleh rahim kecuali Allah, tidak ada yang tahu kapan turun hujan kecuali Allah, tidak ada seorang pun yang tahu di bumi mana dia akan meninggal, dan tidak ada yang tahu kapan terjadi hari kiamat kecuali Allah.” (Riwayat Bukhari)
So, buatlah rencana lalu berusahalah untuk mencapainya, jangan lupa untuk berdo’a dan terakhir bertawakAllah kepadanya. Lalu gimana jika semua itu sudah di tempuh dan hasilnya tak sesuai harapan? Tunggu artikelku selanjutnya yach…… written by ryan