naik haji setiap pagi

image: acrosnews

Anda sudah ingin sekali naik haji atau umrah tapi dana belum mencukupi? Tahukah anda ada amalan yang setara dengan haji dan umrah? Pun bisa dilakukan tiap pagi sehingga anda naik haji setiap pagi?
Naik haji setiap pagi, mungkinkah bisa kita lakukan? Naik haji saja saat ini antrinya sudah hitungan tahun bahkan lebih dari sepuluh tahun. Umrah pun kian mahal, apalagi di bulan ramadhan, lalu mana bisa haji dan umrah dilakukan setiap pagi? Perjalanannya saja lama lho?

Naik Haji Setiap Pagi, Mungkinkah?

Naik haji setiap pagi bukanlah suatu hal yang sulit dan sangat mudah bila anda sudah mengetahui ilmunya plus mau menyempatkan waktu dengan sungguh-sungguh. Bagaimana bisa? Ada sebuah amalan yang nilai pahalanya setara dengan haji plus umrah sempurna. Apa itu?
Anda bisa naik haji setiap pagi dengan melakukan shalat isyraq, yaitu shalat dua rakaat setelah matahari terbit dan meninggi, bagi yang shalat Fajar secara berjamaah di masjid kemudian duduk di tempat shalatnya untuk berzikir kepada Allah Ta’ala hingga shalat dua rakaat.
Oleh karena itulah jika anda ingin naik haji setiap pagi plus juga umrah, maka setelah anda shalat subuh berjamaah di masjid (ingat berjamaah di masjid lho ya bukan shalat sendirian), duduklah dan berdzikirlah dengan dzikir-dzikir yang diajarkan nabi atau anda juga bisa membaca al-qur’an, pun juga bias mengadakan taklim (pengajian).
Naik haji setiap pagi bukanlah tanpa dasar, keutamaan ini telah rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam sebutkan dalam sabdanya,
مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ ، كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ ، وَعُمْرَةٍ، تَامَّةٍ ، تَامَّةٍ ، تَامَّةٍ (رواه الترمذي، رقم 586 من حديث أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه)
“Barangsiapa yang shalat Shubuh berjamaah, kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka baginya pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.” (Riwayat Tirmizi, no. 586, dari hadits Anas bin Malik radhiallahu anhu, dihasankan oleh Syaikh Albani)
Bila anda ingin naik haji setiap pagi, lakukanlah shalat isyraq ini setelah matahari terbit dan meninggi seukuran tombak, yaitu sekitar 15 menit dari waktu terbitnya matahari.
Anda ingin naik haji setiap pagi? Yuk shalat subuh berjamaah lalu berdzikir hingga matahari terbit kemudian shalat isyraq.
Written by: Alfaqir ila maghfirati rabbihi, Abdullah Saryanto

Advertisements